assalammualaikum kembali dengan saya , pada postingan ini adalah meremote debian menggunakan fia ssh bisa di bilang ini adalah cara kedua selain meremote server debian dengan menggunakan fia telnet di cmd windows ,secara fungsi hampir sama dengan fungsi telnet yaitu meremot os debian secara jauh di ssh ini kita dapat mengontrol hampir semuanya konfigurasi secara jauh (pada real device nya , teapi pada kali ini saya menggunakan system virtual . dan meremot nya dengan puty ssh.

LANGSUNG SAJA KE TKP BIAR TIDAK BOSEN

pertama dan paling pertama pastikan settingan network virtual box anda host only adapter


 1. yang pertama kita akan menyeting ip pada os debian yang kita miliki dengan cara mengetikan perintah nano /etc/network/interfaces.
 2. setelah masuk pada kolom nano masukkan ip sesuai dengan apa yang dinginkan contoh saya menggunakan address 192.168.2.6 , netmask 255.255.255.0 dan gateway 192.168.2.1 ikuti perintah nya sesuai dengan tampilan yang sudah saya beri tanda tatapi address,netmask,dan gateway bisa anda rubah sesuai dengan keinginan anda . setelah itu save konfigurasi anda dengan menekan CTRL+O ,ENTER,CTRL+X.
 3.Restar system network pada os debian anda dengan perintah service networking restart  .
 4.Setelah di restart akan menjadi seperti ini tampilan nya .
 5.Setelah merestart system network anda untuk mengecek apakah konfigurasi ip anda sudah ke save dengan system ketika perintah ifconfig  .
 6.Setelah terbuka lihatlah apakah ip yang tadi tedetek oleh system .

 7.Nah tahap selanjutnya instal ssh nya dengan perintah apt-get install ssh  .
 8.Setting network pada virtual box host only sesuai dengan ip dan network yang sudah anda setting tadi tetapi ingat harus satu jaringan dengan ip yang sudah anda kofigurasi dan jangan menyamakan jumlah angka pada oktat terakhir contoh 192.168.2.6 pada debian nya nah di virtual box host only nya 192.168.2.7 kenapa tidak boleh sama pada oktet terakhirnya di karenakan ip oktat terakhir tersebut sudah di pakai olah debian nya (contoh ya) .
 9.Untuk mengecek apakah terkoneksi ping ip tersebut, menggunakan cmd.

 10.Buka puty yang anda miliki masukkan ip anda tadi pilih mode ssh port 22, klik open .
 11.Anda akan masukk ke jendela remote debian via aplikasi puty mode ssh .


konfigurasi ini mungkin bisa di pakai pada real device di karenakan perintah-perintah nya mirip
semoga berhasil para pembaca saya ingatkan untuk mengecek perintah yang di gunakan di kerenakan bila salah satu huruf/angka saja perintah nya tidak mau jaalan..................

terimakasih sudah mau berkunjung .........................