ya kembali lagi dengan saya , pada kali ini adalah tutorial membuat FTP sederhana menggunakan os debian cli , tutorial ini terbentuk ada sebabnya di karenakan saya sudah pusing membuat web server menggunakan os debian kemarin dan hasil gagal terus selama 2 hari itu sampai jam 2 malem saya online nah supaya nah pada waktu saya senggang istirahat pusing gara bikin web server sederhana akhir nya saya mengeluarkan tutorial saya ini  , ya mungkin anda bosen dengan apa yang saya katakan tadi.

saya menggunakan media firtualilasasi menggunakan virtual box
seting network di virtual box nya host only adapter ,ini hanya untuk coba coba saja .

LANGSUNG SAJA KE TKP  SEKARANG

saya anggap anda sudah  meyeting ip address  si server debian nya ya dikarenakan bila anda belum tidak akan bisa membuat ftp ini. bila anda belum saya menyertakan juga cara mengkonfigurasi nya. saya akan kasih ss nya cara menyeting ip nya

ketikan perintah nano /etc/network/interface untuk menyeting mode jaringan dan ip
 bila sudah di konfigurasi jangan lupa untuk meng save nya dengan cara CTRL+O,ENTER,CTRL+X.

ikuti langkah tersebut untuk mengkonfigurasi network nya dan juga termasuk ip nya



 1.Untuk meaktifkan /menimpletasikan ftp, os debian kita harus di instal dulu suatu fitur yang bernama proftp cara menginstalnya dengan mengetikan perintah apt-get install proftpd   .
 2.Di keranakan kita ingin membangun sebuah ftp baru pilih lah standalone
 3.Untuk menyeting sebainya seterah anda ingin membuat sebuah file/directory anda bila supaya tidakbingung buat lah sebuah file/directory khusus supaya mempermudah pencarian.untuk gampangnya anda bisa mengikuti cara saya . setelah itu ketikan perintah nya.
 4.Pada tahap ini silahkan anda cek apakah ftp sudah berhasil di buat atau belum masukkan user yang tadi anda buat dan pasword nya cara masuk ftp dengan cara : contoh (ftp://192.168.2.6/), tetapi ingat untuk bisa masuk ftp ini client anda harus berada dalam satu jaringan yang sama dengan server, dan juga sudah terhubung juga .
 5.Bila sudah terbuka seperti ini berarti sudah bisa
6.Bila tadi di browser kali ini kita coba buka di file eksplore pilih folder network bila sudah masukkan alamat ip ftp nya .
7.Jreng terbuka ...... eits tapi masih belum bisa menambahkan file apapun dalam folder ini ada cara lagi supaya file ini bisa di akses secara bebas mulai dari memasukkan file menghapus file yang sudah anda masukkan dengan cara......
8.Pilih folder yang akan jadi kan sebaga full akses folder
ketikan chmod 777 namafolder anda tadi yang dishare   .



tetapi cara ini di pakai bila anda ngin mencoba coba aja dikarenakan konfigurasi interface network nya static jadi hanya lokal saja alias komputer anda sendiri ,,,,,,,,

bila ingin mengeshare ftp yang anda buat anda harus mengubah konfigurasi static tersebut manjadi dhcp, contoh setingan nya ini saya coba menggunakan wifi untuk media network nya
dan juga bila sebelum nya anda menyeting network di virtual box nya host only adapter, ubah menjadi bridge adapter dan coba akses ftp ini di device yang terkoneksi dengan wifi anda
sehabis di rubah jangan lupa ketikan
service networking restart
cek ip nya nya dengan perintah
ifconnfig
coba lihat apakah ip nya sudah mengikuti jaringan yang ada contoh saya konek dengan koneksi wifi hp smartfreen otomatis bila berhasil ip akan mengikuti network yang di pakai  


semoga para pembaca dapat sukses mencoba nya
semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya

mohon maaf bila ada salah kata dalam penulisan ini .....