Ya ketemu lagi dengan saya lagi kali sekarang saya akan membahas gimana cara sih cara menginstal os besutan linux yang bernama debian ini nah sebelum nya saya akan membahas siapa debian ini , debian adalah seuatu os berbasis linux yang sangat penting dalam dunia persilatan it di karenakan si os debian adalah distro tua yang di miliki oleh linux/unix banyak sekali os turunan dari debian ini contohnya liuxmint,ubuntu dan lain nya debian biasanya di instal dalam betuk sistem operasi cli jadi tapilan dekstop jarang di instal .nah mungkin anda bosan dengan penjelasan saya langsung saja kita ke tujuan utama LANGGGSUNG SAAJJJA KE TKKP !!!!!!!!!!!!!!!!

langkah-langkah:

LASUNG SAJA PILIH INSTALL 

Tahap ini adalah pemilihan bahasa yang akan di instal oleh os debian ini pada pemilihan ini anda bebas melih bahasa mana yang paling pas untuk anda gunakan.


Setelah bahasa masuk ke konfigurasi lokasi dimana anda tinggal /atau lokasi os tersebut ,,pada tahap ini di benua manakah anda berada dan negaranya .pada tahap ini pilih lah sesuai dengan anda ingin kan .


Pada tahap ini adalah pemilihan gaya keyboard,standarisasi .pada tahap ini saya rekomen dasikan untuk memakai konfigurasi american english di karenakan gaya keyboard sudah familiar dan mudah untuk di gunakan.


Pada tahap ini  adalah konfigurasi tampilan nama terminal nantinya yang akan anda gunakan nanti.pada tahap ini bebas untuk memberi namanya sesuai dengan keinginan anda dan tambahan lagi sebelum tahap ini sebetul nya ada tahap membrikan name server tapi saya lewatkan di karenakan kita bisa mengkonfigurasi nanti.


Pada tahap ini adalah pemberian pasword hak akses root pada os debian ,sistem root ini mempunya hak akses penuh pada os debian anda dari mulai konfigurasi,menambah aplikasi ,yang berhubungan dengan sistem dan masih banyak lagi makanya root ini harus di kasih pasword supaya aman ya ,,rekomendasi dari saya masukkan pasword seunik dan serumit yang anda bisa supaya susah untuk di ketahui oleh orang lain .


Masukkan pasword yang sebelum nya anda masukkan dan jangan sampai salah di karenakan bila salah anda akan di suruh mengulang proses pemasukkan pasword root .


Ini adalah penambahan user baru ini bebas menginsi nya  isikan susuai dengan keinginan anda dan kemauan anda .


Lalu masukkan identitas username dari user sebelumnya yang sudah anda buat tujuan nya login ke sistem debian.


Ini adalah pasword untuk user yang anda buat tadi ingat pasword ini beda dengan pasword root yang sudah anda kofigurasi tadi.jadi saya sarankan pasword nya bedakan dengan pasword root tadi.tuliskan pasword seunik,dan serumit mungkin.


 Masukkan ulang pasword user anda tadi, ingat jangan sampai salah !!!!!!


Ini adalah konfigurasi waktu yang anda gunakan nanti , saya saran sesuaikan dengan waktu pada daerah yang anda tinggali.


Nah pada tahap ini adalah tahap pengaturan partisi  pilih lah manual sebelum ini dan pilihlah kapasitas 58 gb sebagai contoh .

Yes untuk melanjutkan ya setelah itu pilih free space dan tekan enter untuk melakukan partisi pada sistem storage anda .


 Pilih create a new partition untuk membuat partisi baru .


Pada tahap ini adalah penentuan jumlah kapasitas yang akan kita buat , berikan sedikit nya 50 persen dari semua kapasitas yang ada di karenakan partisi ini akan di gunakan sebagai sistem directory/directory root pada sistem anda ,setelah ini ada dua pilihan jenis partisi ini sebagai primary atau logical di karenakan untuk directory jadi pilih lah primary.


Nah bila sudah ada tanda slash begini (/) pada mount point maka pembutan partisi root sudah berhasil atau selesai, selanjutnya pilih done setting up the partision untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.


Tampilan gambar tersebut adalah gambar yang menyatakan partisi root/directory system anda sudah di buat, sekarang anda plih free space untuk membuat jenis partisi yang lain nya .


Pilih lah logical untuk membuat partisi yang selanjutnya ,sehabis ini anda akan mengisi berapakah kapasitas yang akan digunakan untuk pastisi yang ini.


Jika yang tadi adalah partis untuk root/directory system, partisi ini untuk menyimpan data anda kita umpamakan kalau pada windows ini adalah disk d yang menyimpan data anda tapi bila di os debian namanya /home.


pilih lah beginning untuk melanjutkan.


Nah langkah terakhir pembuatan partisi yaitu partisi berjenis kan swap ,pilih free space untuk melanjutkan nya .


  Pilih lah create a new partition untuk melanjutkan nya .


Langsung saja lanjut sebetul ss ini ingin saya hilangkan ,di karenakan biasanya partisi swap ini adalah sisa kapasitas yang sudah di gunakan untuk membuat partisi root dan home jadi langsung saja .tapi juga bisa bila anda mau menyisakan kapasitas anda setelah partisi swap anda .


Pada tahap ini pilih lah uses as untuk mengatur jenis partisi.


Pilih lah jenis patisi swap area untuk membuat partisi yang berjeniskan swap .


Pilih done setting up the partition untuk melanjutkan .


Pilih finish partitioning and write ....... untuk menyelesaikan konfigurasi partisi anda .


Klik yes untuk mesetujui nya .


Ini adalah vitur apa saja yang akan anda instal dalam os debian anda ,sesuaikan dengan kebutuhan anda:      cara memilihnya dengan cara
spasi:     untuk memilih sesuatu fitur tersebut
tab:        pindah plihan
tanda panah atas dan bawah:  untuk membantu memindahkan pemilihan fitur ke lain nya
enter:      untuk melanjutkan .


Pada tahap ini adalah tahap penginstalan group loader atau istilah gampang tabel/tampilan pemilihan os yang akan anda gunakan nanti, boleh iya boleh engga, tapi saya saran kan anda untuk menginstal nya karna sangat berguna .


Ini adalah notifikasi bahwa penginstalan os debian nya sudah selesai.klik contineu untuk me reboot sistem os debian yang anda miliki .



Setelah merestart anda akan di bawa ke sebuah tampilan ,,, nah ini lah yang di namakan group boot loader , pilih salah satu untuk masuk ke os kita yang satu mode normal dan yang satu mode recovery.


Ya selamat pada semua permirsa os debian cli sudah berhasil anda installllllllllllllllllllllllllllllllllll
whohhhhhohohowwowo.


 SAYA DOAKAN SEMUA PAMBACA DAPAT LANCAR DALAM MENGINSTAL DEBIAN INI
sekian dari saya terimakasih pada para pembaca yang mau berkunjung ke blog saya
DAN SAYA MEMINTA MAAF BILA ADA KATA2 YANG SALAH DAN KATA2 ATAU PENJELASAN YANG BAGUS.
bila ada yang ingin copy paste ijin dulu ya atau kg kasih sumber referensi .
terimkasih allah swt .....