Ok kembali lagi dengan jempolan01, pada kesempatan yang lalu saya memosting bagaimana caranya menerapkan database manager berjenis webgui pada sebuah server datababse postgresql, pada postingan kali ini tujuan dan penerapan nya sama dengan postgresql kemarin, yaitu menerapkan sebauh database manager berjenis webgui pada mariadb, tujuan utatamanya adalah untuk mempermudah penggunaan database nya, dan sama seperti kemaren untuk menginstall database manager phpmyadmin ini kita membutuhkan depedencies web server seperti apache atau nginx dan juga dns, untuk prakteknya saya menggunakan apache.

Berikut skema topologinya.

 Proses penerapan.

1. Pertama kita install paket php pada centos, php ini digunakan atau memiliki fungsi supaya server dapat membaca file dengan format berjeniskan php

2. Untuk menginstall phpmyadmin kita membutuhkan sumber repo dari luar, salah satu nya repo epel ini, kita masukkan / add repoepel nya kedalam system kita.

3. Setelah repo epel berhasil dimasukkan, sekarang kita enablle repo epel nya, dan kita mulai proses instalasi paket phpmyadmin nya.

4. Setelah itu kita buka file phpmyadmin.conf, kali ini kita akan mengature siapa saja kan yang bisa akses phpmyadmin ini, saya menentukan nya dengan range ip network yang saya gunakan, tetapi jika anda ingin membaskan nya, anda bisa ganti penambahan ip network tersebut dengan scrip Require all granted.

5. Setelah itu kite restart service httpd nya dengan perintah: systemctl restart httpd

Pengujian. 

1. Akses php my admin nya, dengan alamat domain berserta diikuti /phpmyadmin, setelah itu login dengan menggunakan user yang anda miliki contoh user root.

2. Berikut tampilan pertama dari phpmyadmin nya.

3. Kita cek apakah database yang sebelum nya dibuat terdeteksi disini, contoh database saya disini masih tetap terdeteksi / ada.