Ok kembali lagi dijempolan01, pada hari 2 bulan ramadhan 2017 masehi, saya akan membuat sebuah artikel tentang instalasi mariadb, seperti artikel sebelum nya yaitu postgresql tetapi dengan menggunakan label merek yang beda yaitu mariadb database, mariadb ini mengambil source dari mysql itu tandai dengan command data base yang mirip dengan mysql itu sendiri, mariadb ini bersifat opensource dan dapat diunduh secara bebas didunia maya, ok langsung saja ke proses pengerjaan nya.

Berikut skema topologi nya
 
1. Pertama kita instal paket dari mariadb database nya, lebih spesifiknya paket mariadb servernya

2. Setelah itu buka file konfgurasi mardiab nya, disini kita akan menambahkan sebuah jenis tampilan sebuah keyboard, yaitu tipe layout atau sebuah karakter utf 8, tampilan ini biasanya umum digunakan oleh kita.

3. Kita jalan service sebuah database mariadb, setelah itu kita enable service supaya service membuat seperti jalur simultan jadi jika service direstar, service tersebut akan hidup kembali secara otomatis.

4. Sekarang kita menuju tahap instalasi aman mysql, berikut tahapan proses nya.
serperti yang yang saya bilang bahwa maridb memakai source mysql, anda bisa lihat disini status nya hehe, untuk pertama kali kita langsung saja tekan enter karena password mariadb/mysql pertama kali belum dibuat, setelah itu baru kita buat password  (tekan Y) untuk setiap login dari mariadb/mysql, setelah itu kita hapus anonymouse user pada mariadb/mysql, setelah itu menghapus proses konfigure test database, setelah itu kita atur supaya mysql ini tidak dapat diremote pada perangkat lainya, setela itu reload privileges tables.

5. Untuk masuk pada database mariadb/mysql gunakan perintah tesebut, setelah itu masukkan password root dari database tersebut, dan kita coba cek isi default dari database.

6. Kita coba buat sebuah database baru disini dengan nama bebas, setelah itu cek apakah database tesebut sudah berhasil terbentuk.

7. Untuk keluar dari database mariadb/mysql bisa menggunakan \q maupun exit.