Assalammualaikum wr wb, ya untuk saat ini kita sudah memasukki awal bulan ramadhan ditahun 2017 masehi, semoga puasa kita lancar sampai dengan lebaran nanti ya, ok kali ini saya akan membuat sebuah artikel mengenai bagaimana cara memasang phpPgAdmin pada postgresql. 

jadi apa keguaan phpPgAdmin atau apa itu phpPgAdmin ? :
kegunaan phpPgAdmin ini iyalah, sebuah tool database manager berbasis web, istilah nya ini adalah versi web gui nya postgresql, dengan menerapkan database manager kita dapat dengan mudah mamanagement sebuah database, karena tambilan nya sudah gui kita tinggal klik-klik saja lebih simpel bila dibandingkan kita tulis scrip nya satu-satu, dengan ini orang yang memanajemen data base juga dapat dengan mudah mengerjakan perkerjaan nya.

Yap berikut skema topologinya
Untuk menerapkan web gui / database manager nya, sebelumnya kita perlu menginstall paket web server seperti apache atau nginx dan beserta domain / dns dan lakukan beberapa konfigurasinya.
1. Pertama kita masukkan / install repo epel, repo epel ini nantinya akan menjadi sumber source proses instalasi paket dari phpPgAdmin.

2. Setelah itu kita enable repo epel nya, dan melakukan proses instalasi paket phpPgAdmin dan pgp-pgsql.

3. Setelah itu kita bukan config.inc.php lalu kita edit beberapa bagian yang ada didalamnya
pertama kita edit ['server][0]['host'] : untuk menentukan atau mendefinisikan letak dari sebuah server, disini saya akan rubah menjadi localhost karena server berada didalam lingkung jaringan lokal atau didalam.
setelah itu kita akan akan memasukkan sebuah path dari pg_dump_path dan juga pg_dumpall_path, untuk letak directory, postgresql database sudah menyiapkan file nya kita tinggal memasukkan letaknya saja, sesuaikan dengan postgresql yang anda sedang gunakan saat ini.

kita atur metode perijinan untuk login pada postgresql nya, false dan true adalah sebuah perintah yang fungsi dan artinya hampir sama seperti on atau off, untuk extra_login_security sebaiknya kita ganti menjadi false, dan owned_only kita ganti menjadi true karena supaya hanya pemilik dari server yang bisa login.
4. Setelah itu kita edit pg_hba.conf dan edit beberapa bagian tersebut, untuk type local all all peer sebaiknya jangan diganti atau dihapus, karena berguna untuk membuat sebuah user replika pada lab selanjutnya, ganti method dibawah peer menjadi md5, untuk alamat address sesuaikan dengan jaringan yang sedang digunakan.

5. Kita bukan file phpPgAmin.conf dan setelah itu kita tentukan jaringan manakah yang dapat melakukan akses ke database nya (phppgadmin).

6. Setelah itu kita lakukan restart service pada postgresql nya.

7. Kita buka perijinan selinux nya supaya database nya bisa diakses melalui web (phppgadmin)

8. Kita akses database nya dengan menggunakan databasemanager phppgadmin, caranya akses alamat domain contoh www.aditiya.net dengan di ikuti /phpPgAdmin, berikut tampilan awal nya.

9. Login ke database dengan user yang sudah anda buat sebelumnya .

10. Oke, sekarang kita bisa mengature database nya menggunakan web gui, lebih gampang kan karena tinggal klik-klik saja hehe.

Ya sekian artikel yang saya buat kali ini, semoga bermanfaat bagi anda
Terimakasih bagi anda yang sudah berkunjung
Sampai jumpa di artikel selanjut nya bye bye