Kembali lagi dijempolan01, pagi ini saya akan membuat sebuah artikel sederhana, yaitu bagaimana caranya memanagement sebuah service pada mikrotik, dalam kasus ini saya akan memberi contoh management port pada salah satu service yang saya gunakan untuk meremote mikrotik, dengan mengganti port nya dapat mempersulit orang luar untuk mengakses mikrotik kita, karena orang ini tidak tau port berapakah untuk mengakses mikrotik nya, dengan ini dapat memperkuat pengamanan pada sebuah router mikrotik. 

1. Kita masuk pada menu IP setelah itu pilih services, klik dua kali pada service yang kita ingin ganti portnya , contoh service ssh. 

2. Setelah itu kita ganti port nya dengan port yang anda ingin berikan, contoh saya ganti port default ssh 22 menjadi 101, setelah itu klik ok.

3. Selain ssh kita juga dapat mengganti port akses default dari winbox, caranya kita tinggal ganti port default winbox dengan port yang kita inginkan contohnya 10101, setelah itu klik ok.

4. Sekarang kita coba akses mikrotik via ssh, untuk port nya kita gunakan default port ssh.

5. Enggak bias ya, hal tersebut wajar karena port yang digunakan sudah diganti dengan yang telah ditentukan tadi.

6. Kita remote ulang mikrotik nya, tetapi untuk kali ini kita menggunakan port yang sudah atur tadi, contoh saya akan meremote mikrotik saya via ssh dengan port 101.

7. Nah nanti nya mikrotik kita dapat diremote menggunakan ssh.

8. Kita coba remote mikrotik kita dengan winbox, tetapi untuk port nya menggunakan port yang sudah kita rubah tadi, klik connect untuk login via winbox.

9. Nah karena port yang kita akses benar, maka nantinya mikrotik dapat diakses via winbox.