Assalammualaikum Wr Wb, Ketemu lagi dijempolan01, sambil mendengarkan sebuah suara mantep, saya jadi semangat welah wwkw, mantap karena lagi semangat wkwk (kg jelas), yap kali ini saya akan menulis sebuah artikel mengenai cara membuat sebuah basic authentication pada nginx atau bisa disebuat engine x (mantap), hal serupa juga pernah saya buat pada apache httpd, tetapi untuk nginx ini perintahnya sedikit berbeda ya teman. 

Jadi basic-authentication ini berfungsi sebagai pengaman tambahan dari sebuah web server, karena nantinya setiap kita ingin mengakses web nya, kita akan diperintahkan memasukkan sebuah user berserta password yang sudah didaftarkan, tujuan utama digunakan metode ini supaya website yang kita buat tidak diakses oleh sembarang orang, contoh website monitoring log dan juga lain nya. 

1. Sekarang kita install paket httpd-tools nya.

2. Nah karena saya lanjut dari lab 8.14 dan sudah membuat sebuah userdir, beserta virtual hosting, maka kita tinggal tambahkan saja perintah berikut.

Location  /auth-basic: perintah tersebut untuk menentukan sebuah subdirectory utama, dan akan dieksekusi. 
root /usr/share/nginx/mantep; : directory utama atau bisa disebut root, directoryini mewakilkan subdirectory dibawah nya, saya akan beri nama mantep, nah didalamnya akan ada auth_basic setelah itu diisi dengan  index.html.
auth_basic "Basic Auth";  : untuk mengatifkan sebuah authentication basic dengan kunci karakter Basic Auth. 
auth_basic_user_file : untuk mengarahkan letak dari file untuk melakukan sebuah auhentikasi login berupa user yang kita buat, contoh saya membuatnya dengan nama .htpasswd.
3. Setelah itu kita buat user authentication login nya, sesuaikan dengan letak directory yang sudah diatur pada .conf nya, masukkan nama user nya setelah itu masukkan beberapa kombinasi password nya, user inilah yang akan dipakai pada saat proses authentication loginnya.

4. Lakukan restart service nginx nya, supaya konfigurasi dapat ter update dan diterapkan.

5. Kita buat sebuah direktory root nya, pertama kita buat folder mantep, setelah itu buat sebuah directory/file auth-basic nya.

6. Setelah itu buat index.html nya, nah isi dengan scrip html yang sudah dikuasai dari yang dasar hingga tingkat advanced.

7. Setelah itu kita lakukan pengujian, buka browser pada client, dan akses domain website dengan diikuti directoru auth-basic, masukkan user berserta password yang sudah dibuat, klik ok .

8. ya hebat sekali permirsa konten authentcation nya dapat dibuka yeah
ok mantap kan gan
semoga bermanfaat
jangan lupa dengan jempolan01 ya
terimakasih dadah