Kesempatan kali ini saya akan memposting bagaimana caranya, menginstall driver vga nvidia pada laptop/pc yang menggunakan sistem operasi turunan linux, karena masih banyak yang bingung bagaimana cara menginstall driver nvidia di linux karena hall itu lah saya memposting tutorial ini. 

pada dasar nya menginstall driver nvidia di linux ini gampang, tetapi terkadang cocok-cocokan karena tiap hardware dan beda jenis os mempengaruhi, contoh nya pada kasus saya menginstall di ubuntu 16.04 ini rada sulit nyocokin nya bila di bandingkan dengan versi 14.04, bila tidak cocok/ gagal pada saat penginstalan drive yang tampil nanti tidak akan banyak opsi nya alias (driver nya sudah terinstall tetapi tidak fitur nya kopong semua), saya pernah tidak cocok dan alamat bukan driver nya saja kosong fitur tetapi laptop saya jadi black screen. 

Langkah-Langkah 

1. Untuk medapatkan sebuah drive nya anda bisa, mengambil salah satu jenis repository tersebut, setelah itu jalan kan perintah update.
driver yang saya coba di sana sudah semua, dan ada yang berkerja dengan baik ada yang enggak, sekedar tips gunakan versi nvidia driver yang sudah final alias tidak dalam masa beta/percobaan. 

2. Setelah kita masukkan repo dan update, cari menu yang namanya Sofware & Update, setelah itu pilih Additional drivers, setelah itu pilih driver yang ada ingin install, anda bisa memilih versi yang beta maupun yang final di sini.

3. Setelah memilih "klik Apply Changes" dan tunggu proses pengunduhan drivers nvidia linux selesai, setelah selesai restart laptop/komputer anda supaya, driver dapat di terapkan.

4. Setelah itu Buka aplikasi yang namanya Nvidia X Server Settings, dan coba lihat apakah tampilan driver yang lengkap seperti ini, karena bila gagal tidak akan banyak fitur yang terkait di dalam nya.

6. Untuk Pengecekan tambahan, ketikan perintah glxinfo | grep OpenGL | grep renderer, dan lihat apakah untuk proses merender sudah di ambil alih oleh vga terkait contoh nvidia gtx 950m

Ya sekian tutorial singkat untuk hari ini, semoga dapat membantu anda dalam menginstall driver nvidia di linux, (beda tkp beda rasa)

sekian dari saya dan terimakasih.