Ya kali ini saya akan memposting catatan tentang kegitan Pkl saya kali ini pada tanggal 10 januari 2017, catatan ini bisa menjadi tambahan pengalaman membaca anda, bisa juga menjadi pelajaran anda/saya untuk mejadi lebih baik dari yang sekarang. 

Ya pada jam 07.10 saya berangkat dari rumah ke markas excellent, saya mengendarai motor dengan santai sekali, karena udara pagi hari ini sangat enak gitu dingin-dingin gitu hehe, dan sayang sekali untuk dinikmati hehe, saya sampai ke markas sudah urutan ke 4 kalo enggak salah, kami pun menunggu lama dan saya bingung kok pembawa kunci enggak datang-datang padahal udah jam delapan, saya yang biasa berangkat pagi pagi jadi bosen wkwkw, saya pun duduk sambil melihat telegram dan group kelas "kali aja ada kabar gitu kan wkww", nah akhir nya salah satu staf yang bernama trisha (saya memanggil nya kak trisha), menghubungi boss, karena boss mempunyai kunci selain pembawa kunci tersebut, dan ingin menjemputnya sekalian bawa kunci gitu, tetapi kata boss enggak usah dan kami pun menunggu lagi, tek tek tek tek tek, akhir nya sang pembawa kunci dateng, hampir semua staf sudah ada di sana termasuk saya dan fitrah sudah menunggu kedatangan nya. 

Seperti biasanya kami pun menyapu-nyapu lantai dulu biar bersih biar kaki enggak gatel "wkwkw", saya pun mengecek status backup pada hari selasa tersebut, dan hasil nya aman loh permirsa, saya melihat status pemesanan pada hari ini dan alhasil banyak ada 3, dan kami siapkan bareng-bareng ada yang ngeburning, ngebungkus paket, tetapi saya dengan fitrah agak santai karena buku yang di pesan itu baru ada jam 11 siang yaitu buku mengenai openstack, kami pun menyiapkan alamat nya terlebih dahulu dan juga pembungkus nya, kami berdua sembari menunggu melakukan kegiatan mencari materi bakal bahan belajar, saya mencari tahu tentang vmware lebih jauh karena vmware yang biasa saya pakai workstation enggak tau nya masih ada jenis yang lain nya dan saya pun penasaran, cuma untuk hari ini enggak tau internet agak kurang stabil suka lost koneksi sudah belasan website yang saya buka tetapi tidak tersambung dan terbuka dengan baik, setelah sekitar jam sebelasan buku openstack nya sudah ada dan kami siap siap mengemasinya, cuma ada kendala karena bahan untuk mengoprek openstack yang ada di buku belum di burning dan dijadikan bootable, kami pun mendownload di filesharing, tetapi lama karena pakai koneksi wifi , dan mengganggu pengguna yang lain nya (alias jadi ngelek) nah saya di sarankan sama staf nya pakai kabel utp aja unduh data nya dari switch langsung biar cepet, cuma saya pikir karena kabel nya di taruh di box dan ada tamu saya ngambil kabel nya nanti takut ganggu, nah karena saya lakukan tersebut, saya jadi terkesan kelamaan dan akhir nya saya di tegur (parah emang). 

Kami pun istirahat terlebih dahulu karena sudah jam 12 san dan pergi ke mesjid untuk beribadah, kami pun berbincang bincang apalagi soal perut laper (jadi tambah laper wkwkw), kami pun menyelesaikan ibadah kami, dan sehabis ibadah saya dan fitrah lihat tukang bakso lewat, dan teman saya fitrah tertarik untuk membelinya, saya sebetulnya kepengan cuma enggak dompet di kantong saya (kasian wwkw), nah saya temenin doang deh fitrah, fitrah beli bakso nya seharga 5 ribu satu porsinya cuma banyak (nyesel saya enggak beli wkwkw), setelah itu kami pun makan bersama. 

Setelah itu kami pun melanjutkan tugas kami, menguduh file tersebut (bahan oprek) tidak membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi pas membuat bootable dan memburning cd/dvd ini lah yang memakan waktu yang lama (padahal sudah memakai mesin copy masal) tetapi masih lebih cepat dari pada satu satu wkwkw, setelah itu kami pun mengemas barang tersebut, sampai ke semua barang nya, dan akhirnya kami pun pulang, sebari pulang kami mengirim paket nya supaya besok enggak numpuk wkwkwk. 

Kesimpulan: untuk hari ini kegiatan kami agak lebih sedikit bila dibandingkat hari kemarin, untuk hari ini saya hanya membaca teori teori tentang vmare jenis lainya yang belum saya ketahui dan juga sempat membaca bagaimana membuat web server sederhana menggunakan os centos. 

Ya itu lah cerita saya untuk tanggal 10 januari 2017 (PKL) 
sampai jumpa di cerita/postingan selanjutnya 
dah dah dah