ya kembali lagi dengan saya di jempolan01 bloger mantep, kali ini saya akan memposting sebuah topik yang sama seperti kemarin yaitu monitoring tapi kali ini menggunakan aplikasi yang berbeda yaitu menggunakan ip host monitor, dimana aplikasi ini mempunyai kemampuan yang bagus dalam medeteksi jaringan yang anda buat dan terkait dengan server, penasaran seperti apa? mari kita lihat bersama-sama.


1. Ya sebelum kita menggunakan aplikasi nya, alangkah baik nya kita install aplikasi tersebut, beberapa tahap sederhana proses intalasi, klik next untuk melanjutkan.

2. Persetujuan lisensi yang di terapkan oleh vendor, klik yes untuk mematuhinya dan lanjut ke tahap berikutnya.

3. Tempat dimana hasil instalasi aplikasi akan di letakkan, anda bisa menentukan sendiri, tetapi secara default berada pada disk c, klik next untuk melanjutkan.

4. Proses konfigurasi Monitoring system.

5. Setelah proses instalasi selesai, nantinya akan keluar notif tersebut, klik finist untuk mengakhiri.

6. Contoh sebuah tampilan awal ip host monitor.

7. Untuk memonitoring network, kita di hadapkan dengan 2 opsi yaitu monitoring secara cepat, mode kontumisasi monitoring, saya akan mencoba mode kostumisasi/advanced network discovery.

8. Penentuan range address ip yang akan di monitoring.

9. Hal apa saja yang akan anda monitoring, anda bisa memilih nya atau mau anda ceklis semua supaya lengkap juga enggak jadi masalah, cuma nanti loading proses nya akan sedikit memakan waktu yang lebih lama, ini hanyalah sebagian bila anda scrool ke bawah masih banyak yang lain nya.

11. Credential apa yang gunakan untuk memonitoring, bisa anda pilih susai dengan kebutuhan.

12. Schejule scan ini menentukan beberapa waktu aplikasi ini dapat mengscan perubahan keadaan pada saat monitoring anda bisa atur sesuai kebutuhan anda, klik scan untuk memulai proses.

13. Bila anda belum mengatur user nya, nanti akan pesat notif seperti ini, klik yes untuk memasukkan akun server

14. Nah masukkan domain server anda, tipe user beserta pasword  nya.

15. Nah vitur ini di gunakan supaya ip host monitor ini dapat mengirimkan data tentang monitoring ke email yang anda gunakan.

16. Nah proses scan sedang di lakukan, proses nya akan memakan waktu yang cukup lama, jadi bersabarlah .

17. Nah bila sudah selesai akan tampil data apa saja yang terdapat pada jaringan kita, contoh service https, iis server  dan juga yang lain nya.

18. yang paling sederhana adalah daftar ip device yang terkoneksi pada jaringan yang di gunakan, lengkap dengan status nya, kalo merah tanda nya ada service nya tetapi dimatikan.

Sekian tutorial yang saya hadir kali ini semoga bermanfaat
Terimakasih bagi anda yang berkunjung dan melihat postingan postingan saya.
Sampai jumpa di postingan selanjutnya.