Hay semuanya, kembali lagi di jempolan01 bloger mantep, kali ini saya menghadirkan sebuah    tutorial jadul, yaitu membangun voip menggunakan os trickbox, kenapa saya anggap jadul karena dari os trixbox itu sendiri sudah tidak di kembangkan lagi alias sudah mati, tetapi di sini saya akan mengulang kembali bagaimana membangun voip menggunakan trixbox, sekalian menyeselesaikan tugas sekolah hehehe, trixbox ini termasuk sistem operasi turunan centos loh, jadi tidak aneh bila beberapa asitekture os nya hampir mirip dengan centos itu sendiri.

 

Instalasi:

Untuk Instalasi nya, metode yang di gunakan sama seperti anda menginstal suatu system operasi lain nya, baik di virtual,real device (pc sesungguhnya) jadi insya allah gampang gan. 

1. Untuk menginstal trixbox anda bisa tekan tombol Enter, tetapi enter ini di gunakan bagi anda yang ingin menggunakan cara instan, karena pengaturan storage dll di kofigurasi secara otomatis oleh system operasi trixbox nya, untuk Opsi lanjutan anda bisa menekan f2 (option), Sebagai contoh saya tekan enter supaya proses instalasi menjadi cepat.

2. Setelah anda tekan enter, anda akan dibawa ke sebuah pengaturan Pemilihan bahasa yang nanti akan di gunakan. 

3. Nah Sekarang kita pilih jenis gaya keyboard yang nanti akan di emplementasikan pada os trixbox nya, contoh saya menggunakan gaya keyboard us.

4. Setelah anda tekan enter, anda akan dibawa ke sebuah pengaturan zona waktu, karena saya tinggal di indonesia lebih tepat pulau jawa, saya memilih asia/jakarta.

6. Untuk urusan pasword root, anda bebas untuk menentukan type pasword yang anda ingin buat.

7. Ini adalah contoh Proses Penginstalan trixbox, untuk urusan waktu, bila anda menggunakan media storage ssd anda memerlukan waktu kurang dari 1 menit untuk menginstal, bila menggunakan hdd memerlukan waktu sekitar 2-4 menit.

8. Nah proses instalasi selesai, tekan enter untuk masuk kedalam system operasi.


9. Setelah itu kita login menggunakan akun root, untuk pasword nya , masukkan pasword sesuai yang anda buat pada saat proses instalasi.

Configurasi ip

1. Untuk menyeting Ip anda bisa menggunakan perintah netconfig, tetapi anda juga bisa menggunakan perintah yang lain nya seperti system-config-network .

2. Netconfig , setelah itu pilih yes.

3. Untuk konfigurasi anda bisa memilih menggunakan address yang di dapatkan menggunakan dhcp, atau manual insert address, untuk dhcp anda ceklis saja use dynamic ip ....... dan tekan ok, bila ingin manual anda bisa memasukkan alamat address nya satu-satu, sebagai contoh saya menggunakan pengaturan address manual, setelah selesai tekan ok.

4. Setelah di konfigure address nya, jangan lupa kita restart system network nya supaya konfigurasi address tersebut dapat diempelementasikan dengan baik, pastikan status nya ok dan tidak ada error.

Remote server via webfiq+Konfigure voip (SIP)

1. Sebelum kita meremote server kita pastikan terlebih dahulu apakah bisa ping.

2. Kita ketikan nama ip pada browser yang kita miliki, setelah terbukan, klik switch.

3. Untuk melakukan login, anda bisa menggunakan akun default, yaitu usernama maint dan pasword: password dan klik ok .

4. Klik tanda silang untuk menutup nya .

5. Klik asterixk-> pilih free PBX .

6. Setelah masuk dalam pengaturan free pbx, klik extension untuk membuat akun sip.

7. Untuk device nya kita pilih Generic SIP Device, setelah itu submit

8. Stelah itu buat Akun SIP nya, Buat dua akun sip nya ya.
Setelah itu bila sudah Klik Submit di bagian bawah pengaturan pembuatan akun.

9. Setelah itu Kita Klik Apply untuk menyimpan konfigurasi yang anda buat sebelum nya termasuk pembuatan akun SIP.

10. Setelah itu KLik continues with reload, supaya system dijinkan untuk mengatur ulang /refresh, agar konfigure dapat di update.

Verifikasi client. 

1. Buka Xlite, dan Klik SIP Account Settings.

2. ADD Untuk memasukkan Akun SIP yang dibuat sebelumnya.

3. Masukkan akun nya sesuai yang anda buat tadi, klik apply+ok.

4. Nah akun sudah di tambahkan.

5. Akun SIP sudah terkoneksi ke server dan siap untuk di gunakan.

6. Menerima Panggilan Dari User Voip lain nya .