Ketemu dengan saya kembali di jempolan01, sekarang saya akan membuat sebuah tutorial yang berjudul https windows server, disini nantinya akan berisi tentang bagaimana caranya membuat certificates ssl dan membuat sebuah halaman web sites yang sudah menggunakan protokol HTTPS, cara nya agak kompleks kenapa saya sebut begitu karena untuk mempraktekan nya anda sebelum nya harus sudah mencoba coba (biar gampang tujuan nya), tentang dns, adds, iss web server
dns, ad ds = LINK
IIS web server = LINK
anda bisa melihat postingan saya sebelumnya mengenai ad ds, dan juga iis web server, semoga dapat membantu.

Sekilas tentang https:
Https (Hypertext Transfer Protokol Secure) adalah sebuah versi lanjutan dari http mempunyai keaman yang lebih canggih bila di banding dengan http, untuk port https menggunakan port default 443 berbeda dengan http yang menggunakan port default 80, Https ditemukan/dicetus oleh Netscape, untuk masalah system proteksi dan enkripsi data yang di kirim relatif aman, tetapi tidak menjamin tidak ada kecolongan,pecurian data yang terjadi, tetapi senggak nya lebih aman dari pada http, jadi jangan takut menggunakan https ini, yang seharus nya anda takutkan bila anda masih menggunakan http sebagai protokol web sites anda karena kurang aman, jadi segeralah beralih ke https.

Server 

1. Buka server manager, setelah itu pilih add roles and features berfungsi untuk menginstall dan menambah fitur fitur yang ada

2. Kemudian pilih role based on feature based installation, klik next untuk melanjutkan.

3. Setelah itu kita pilih select a server pool, di karenakan saya cuma ada satu jadi kita bisa langsung klik next tanpa harus memilih mana sever yang ingin di konfigure .

4. Sekarang kita ceklist management tools nya, dan juga element lain nya, menagement ini masih satu bagian web server iis, setelah menceklist Management tools dan juga teman-teman nya, klik next.

5.  Pada opsi ini kita dapat langsung melanjutkan, alasan kenapa langsung lanjut saja di karenakan fitur yang kita butuhkan sudah kita dapat, jadi bisa kita langsung klik next.

6. Pada tahap ini nanti nya akan mucuk sebuah confirmasi penginstalan beberapa feature dan services yang kita pilih sebelumnya, lakukan pengecekan sebelum penginstalan di mulai, supaya tidak ada services dan feature yang tertinggal pada saat install nanti, klik install untuk menginstall feature dan services yang kita pilih sebelumnya .

8. Proses penginstalan sebuah feature dan services sedang di lakukan, perkiraan waktu penginstalan yaitu 1 menit memakai storage bertipe hdd dan 4 detik bila memakai storage bertipe ssd, bila nanti sudah selesai proses penginstalan nya  tadi nya  notif installation started akan berubah menjadi installation succeded.

Setelah menginstall management tools sekarang kita lanjut ke tahap konfigurasi https, atau merubah web yang di buat iis, yang tadinya bersifat http menjadi https.

9. saya menggunakan domain mantep.com dan juga sub domain www.mantep.com memiliki address 172.168.16.99

10. Sekarang kita buka Internet information Services (IIS) manager, yang berada di dalam menu tools.

10. setelah itu klik Server Certificates, untuk memulai membuat certificates ssl.

11. Nah klik create Self-signed Certificates untuk membuat ssl, anda bisa melihat letak pada gambar yang sudah saya tandai tersebut.

12. Setelah itu isikan nama dari certificate yang anda buat contoh saya menggunakan nama dari subdomain yaitu www.mantep.com, setelah itu atur jenis cetificate yang ingin anda gunakan, sabagai contoh saya menggunakan certificate personal di karenakan digunakan untuk perorangan saja, setelah itu klik ok .

13. Nah setelah cetificates ssl sudah di buat, nanti akan mucul sebuah certificates yang baru, sesuai dengan nama yang anda buat sebelumnya, contoh nya terdapat pada gambar.

14. Nah setelah itu kita buat sebuah sites baru yang nantinya akan menggunakan protokol https, cara nya kita buka menu sites--> klik add websites.

15. Isi Site name anda sesuai dengan subdomain yang sudah anda buat contoh saya menggunakan sub domain www.mantep.com--> tentukan lokasi Content directory nya kemudia atur pysical path nya susuaikan lokasi nya dengan konten web yang anda simpan--> untuk binding type: menjadi https, untuk ip address anda bisa memilih dua opsi yaitu, ip yang anda gunakan dan juga all unassigned keduanya dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda, untuk all unassigned nantinya client yang berasal dari network lain bisa mengakses web yang anda buat, tetapi bila menggunakan ip yang anda gunakan sekarang maka hanya client dengan satu jaringan lah yang bisa membuka web sites tersebut, setelah itu masukkan port 443, Host name/sub domain sesuaikan dengan subdomain yang ingin anda gunakan--> ssl certificate seuaikan dengan ssl yang tadi anda buat, setelah itu klik ok.

16. Nah nanti sebuah web sites dengan certificate ssl sudah terbentuk, sekarang kita uji, apakah web yang kita buat menggunakan protokol https, klik browse "nama subdomain anda"on 172.168.16.99:443 ( https)
17. Setelah itu klik Continue to this websites--> muncul sebuah pobup security alert klik ok--> tunggu sebentar bila berhasil, nantinya akan keluar tampilan web anda dan web nya sudah menggunakan https (bila berhasil).


Client

Setelah kita buka di server dan hasil nya sudah bisa sekarang kita coba di client apakah bisa juga, kita saksikan bersama sama.

1. Pertama kita atur dulu address pada client yang kita miliki, Atur ip address nya dengan benar supaya tidak terjadi kesalan, ISI DNS dengan address ip server, klik ok.

2. Setelah itu ping nama subdomain nya contoh www.mantep.com pastikan proses ping tersebut berhasil dengan di tandai ttl=128(tiap kondisi suka beda jadi yang penting ada kata TTL nya aja itu tanda nya sudah bisa ngeping) itu tandanya sudah saling bisa berhubungan antara server dengan client nya.

3. Masukkan nama websites nya ya, Ingat gunakan https nya karena kita sekarang lagi ngecek apakah web sites https yang kita buat dapat di akses oleh client caranya "https://www.mantep.com", nantinya akan muncul sebuah notif seperti gambar di bawah, klik "continue to this webpage" untuk membuka web sites nya.

4. Tunggu sebentar trarara, bila anda berhasil nantinya akan terbuka web sites nya, dan juga addressbar nya menggunakan https  (https://www.mantep.com)


Mohon maaf bila ada yang salah dalam proses penulisan postinga kali ini
Terimakasih bagi anda Yang sudah berkunjung ke blog sederhana saya.
Semangat gan !!!