ya kembali lagi dengan saya dengan postingan yang baru hehehe,, kali ini saya akan memposting suatu postingan sederhana tentang cara menyeting sebuah ip secara manual pada centos os cli menggunakan sebuah fitur/aplikasi nmtui ,, saya saran kan melihat postingan ini secara berurutan kenapa? di karenakan saya menyelipkan sebuah masalah kenapa ada masalah nya ? nah saya akan jawab di langkah-langkah jadi untuk saran ikutin ya tutorial nya secara tuntas hehe bukan maksa tetapi menyarankan.

ingat masuk ke root dulu ya !!!!

langsung ke tutorial :

nah tahap pertama nya yaitu ketikan ip addr terlebih dahulu untuk mengecek mac-address pada port nya kenapa saya suruh lihat mac-address nya? terkadang pada centos si centos ini akan membuat port imitasi yang dapat membingungkan pengguna dah akhirnya pengguna salah ngapus dan yang di apus malah port yang aslinya nah itu bisa berbahaya dan solusinya adalah install ulang bagi yang coba coba itu mungkin tidak masalah tetapi untuk kalangan server atau yang lebih penting lagi pastinya akan menimbulkan masalah yang besar nah itu alasanya saya meletakkan perintah ini pada tahap pertama.

cara melihat mac-address nya kan ada enp0s3 nah di bawah yang link/ether 08:00:27:f5:4f:7a nah itulah mac-address nya yang harus anda hafalkan pada saat nanti masuk pada netmanager tui
awas lupa ini perintah nya :
ip addr
 nah untuk masuk netmanager tui untuk memulai menyeting sebuah ip kita ketikan perintah:
nmtui
 setelah masuk ke menu networkmanager tui bila ingin memberikan setingan ip pada centos pilih lah "edit a connection dan lanjut ke tahap ke yang lain nya .

 nah pada saat saya membuat tutrial ini alhamdulillah tidak ada port bayangan nya 

catatan/sekaligus sharing : sewaktu saya belajar pertama kali nya di sekolah centos ini pada waktu itu sampe ada 2 port yang ada kalau tidak salah wiredconection dan juga ens0s3 itu membuat saya bingung dan mana yang port yang beneran ini kan cuma guru saya abis itu mengetikan ip addr dan disuruh mengcek ip nya dan buka nmtui suruh samakan mac-address nya eh tau nya betul yang satu itu imitasi hehe untuk tambahan saja wkwkwk. 

nah setelah mebuka nya pilih ens0s3 dah pilih edit .

nah setelah masuk pada configure coneksi saya sebut begitu biar mudah nah balik lagi ke point  pertama di sini lah kegunaannya akan mengefek coba anda cocokan mac-address nya tadi dengan port yang ini kalo sama berarti port bukan yang clone/imitasi/bayangan .
masukkan ip,gateway,dns dll nya bila perlu sesuai dengan koneksi yang anda gunakan ya sobat jadi di sesuaikan jangan di samakan dan juga satu hal lagi jangan lupa ipv4 configuration nya ganti jadi manual ya sobat.
 setelah anda yakin dan betul ip tadi yang anda masukkan pilih "ok" untuk menyimpan konfigure ip nya sobat.

 setelah anda menyeting ip nya anda cuba lagi ip addr nya dapat ip baru engga atau tetep sama tidak seperti yang sebelumnya jika belum kita ketahap selanjutnya

 nah bila tidak bisa anda bisa merestart system network nya dengan perintah
systemctl restart network
nie ada yang janggal tetapi saya akan jelaskan kenapa janggal satu saya salah ketik ping untuk ke google yang kedua kok kg bisa ngeping lahh wkwkw nah ini jelas engga bisa ngeping orang perintah ngeping nya engga ada wkwkw tetapi bukan itu juga masalah nya,
masalah nya terkadang biarpun sudah kita restart tetep tidak bisa terkoneksi dengan inet dan itu harus kita cari jalan kluar nya dengan cara ?
ada di tahap lanjutan wkwkwk.

 nah tadi engga bisa kan konek kita balik ke networkmanager tui  dengan perintah
nmtui


 setelah terbuka pilih "activate a connection"


 matikan port nya 


 udah matikan nah idupin lagi port nya wkwkwwk tapi serius ini 

 nah abis aktif cara tau aktif atau engga ada tanda bintang tuh di sebelah kiri nama port nya ,, itu menandakan udah aktif.

nah coba anda ping www.google.com anda tidak tau cara perintah ping ? nah saya akan beritau ketikan perintah ini
"ping www.google.com" untuk contoh menggunakan alamat google anda bisa ganti sesuai dengan yang anda ingin kan sobat
nah setelah anda ping apakah bisa seharus nya bisa ya sobat kalo engga banyak banyak belajar lagi jangan patah semangat soal yang nulis ini postingan juga masih belajar wkwkwkw

berilah saran yang membangun bagi saya ya

terimakasih bagi anda yang sudah mau mengunjungi/sekedar melihat isi postingan milik saya ini hehehe
terimakasih