ya kembali lagi dengan saya dengan postingan yang baru ini alhamdulillah melanjutkan jejak yang tadi yaitu cara ganti ip di centos menggunakan nmtui ehhee ,, nah sekarang saya akan membahas bagaimana ya cara ganti nama hostname default dari os centos nya jadi nama lain atau nama anda sendiri seperti yang saya akan contoh kan atau sekedar biar enak di pandang, nah disini saya akan memberi tau kan step cara mengganti hostname tersebut . langsung saja ke tahap tahap tutorial nya langsung !!!!

ingat ya masuk root dulu ya


pada tahap yang pertama ini adalah sebagai pembuktian atau tes pertama nya saya menggunakan hostname default yang nanti nya kita akan ganti dengan nama anda contoh seperti saya , atau nama-nama yang lain nya sesuai dengan anda ingin kan jadi harus di sesuaikan ,,
langsung ke tahap berikut nya.

 nah cara merubah hostname yaitu menggunakan networkmanager tui bagaimana membukan nya ? ketikan perintah ini
nmtui
 setelah terbuka jendela networkmanager tui pilih lah " set system hostname" setelah itu pilih "ok".

 nah itu adalah sebuah hostname default saya secara default atau anda yang lagi nyoba mengganti hostname nya itu kita bisa ganti dengan mudah nya dengan cara ?
ke tahap selanjutnya.
 nah cara menggantinya dengan cara anda hapus hostname lamanya dan ketikan atau masukkan nama baru ke pengaturan hostname nya nah setelah itu pilih ok untuk menyimpan konfigurasi hostname baru nya .


pilih ok untuk melanjutkan

 wah wah kok engga berubah ya weits jangan dulu bersedih atau kecewa itu memang belum terganti kenapa? di karenakan anda belum merestart pc anda jadi restart komputer anda bagaimanan caranya? anda harus melanjutkan ke tahap lanjutan
 nah untuk merestart nya anda harus mengetikan sebuah perintah yaitu perintah 
reboot

 naaah setelah di restart hostname anda akan ke ganti kurang percaya saya ada buktinya yaitu berupa ss




kedua ss nya itu sudah menunjukkan bahwa hostname itu sudah terganti dengan baru anda ketikan saja perintah hostname dan di situ akan muncul nama hostname nya .



sekian dari saya dan postingan ini
mohon maaf bila ada salah dalam pengetikan dan penulisan postingan ini

terimakasih bagi anda yang sudah berkunjung/melihat lihat

terimakasih