Ya kembali lagi dengan saya kali ini saya akan membuat sebuah tutorial baru tentang bagaimana cara menginstal open cart menggunakan media/aplikasi virtualisasi yang bernama xamp nah langsung saja ke tutorial nya 


  
Sebelum menginstall sebuah cms kita buat terlebih dahulu data base nya dengan cara mengetikan localhost/phpmyadmin/ creat data base anda sesuai dengan nama yang di inginkan . 

 Setalah membuat data base pastikan anda mempunyai data cms nya anda bisa mendapatkan di internet dengan cara medownload salah satu cms yang ada .


Setelah anda mempunyai salah satu cms nya ekstrak file cms nya file/directory  xamp/htdoc secara default lokasi directory nya berada pada data c .


Dan pastikan anda sudah menginstall aplikasi xamp ya xamp berguna menjalankan cms nya secara lokal karna bersifat belajar jadi kita pake localhost saja dan ingat pada saat kita menjalankan cms kita harus menyalakan xamp nya ya , nyalakan/start apche nya dan juga mysgl nya ya supaya bisa .


 buka browser anda ketikan localhost/nama file cms yang anda gunakan.
Setelah terbuka klik upload/ ya untuk melanjutkan ketahap selanjutnya .

Pada tahap ini adalah persetujuan kebijakan perusahaan pemilik software yang harus di setujui dan menanggung segala macam dampak nya dll

Setelah mesetujuinya kita klik continue.

Pada tahap ini adalah pengecekan komponen yang harus ada pada saat mau menginstall cms nya
Karna sudah ada yang saya kofigurasi jadi ceklis semua nya
Tapi sebelumnya anda harus mengganti config-dist.php menjadi config.php dan file admin/config-dist.php menjadi admin/config.php setelah itu klik continue.

 Pada tahap ini adalah penentuan/kofigurasi cms nya isi
Db driver: mysqli
Database nya menggunakan local host di karenakan kita hanya mencoba saja
Username harus root
Data base :ini kita isikan sesuai dengan nama data base yang sudah kita buat tadi password:dikosongkan.
Username :bebas
Password akun: bebas
Email:disesuaikan ya
Klik continue

Setalah anda menunggu lama untuk menginstal nya tadi sekarang bila anda berhasil , anda akan diberi notif sukses ya wkwkwk, langsung saja untuk mengecek anda klik login to your administrator ya .

 Masukkan username  dan password yang sudah anda buat tadi ya .

Jrenggg bila anda berhasil anda bisa login dan selamat untuk menjelaj cms opencart ini .

sekian danTerimakasih

mohon maaf bila ada salah dalam penulisan sebuah post ini