Assalammualikum wr wb
Semoga sehat selalu para pembaca, saat ini saya akan sharing mengenai bagaimana membuat virtualhost pada apache, untuk apache virtual hosting digunakan untuk mengkoneksikan dua directory web yang berbeda agar masih isi tersebut dapat diakses secara terpisah menggunakan domain target, untuk melakukan tersebut teman - teman hanya cukup membutuhkan 1 server apache dengan domain / dns atau dengan 1 server apache dan 1 server dns khusus. 

1. Anda dapat membuat sebuah conf pada directory cond.f apache, conf tersebut digunakan untuk menempatkan script atau setingan virtualhost.
-
[root@redhat www]#nano /etc/httpd/conf.d/virtualhost.conf

# untuk redhat8.jempolan.local
<VirtualHost *:80>
   DocumentRoot /var/www/redhat8/
   ServerName redhat8.jempolan.local
   ServerAdmin webmaster@virtual.host
   ErrorLog logs/virtual.host-error_log
   CustomLog logs/virtual.host-access_log combined
</VirtualHost>

#untuk redhat.jempolan.local
<VirtualHost *:80>
   DocumentRoot /var/www/redhat/
   ServerName redhat.jempolan.local
   ServerAdmin webmaster@virtual.host
   ErrorLog logs/virtual.host-error_log
   CustomLog logs/virtual.host-access_log combined
</VirtualHost>
-
2. Setelah setingan tersebut dimasukkan, seperti path document root yang digunakan nama domain dan jugal yang lainnya, anda dapat membuat directory yang sesuai dengan path yang anda seting sebelumnya, untuk tahap ini jika anda sudah memiliki directory tersebut, opsi ini dapat anda lewatkan.
[root@redhat www]# mkdir /var/www/redhat8/
[root@redhat www]# mkdir /var/www/redhat/

3. Untuk cek sekaligus mecoba apakah web server, maka anda dapat membuat sbeuah file dengan ekstensi .html dan juga isi dengan script html sederhana dan keterangan didalamnya agar dapat mempermudah pengecekan apakah virtual host dapat berjalan dengan seharusnya.
[root@redhat www]# nano /var/www/redhat8/index.html
[root@redhat www]# nano /var/www/redhat/index.html


4. Setelah itu anda dapat cek akses kedua nama domain dan cek apakah sudah berjalan dengan baik, karena jika vritual host work, anda dapat akses dua website yang berbeda dengan dua alamat domain atau lebih pada satu server.


Sekian dari saya semoga bermanfaat bagi anda
dan terimakasih.