Assalammualaikum wr wb, ok kembali lagi dijempolan01, saya akan melanjutkan artikel saya mengenai mail server yaitu tepat nya melanjutkan mail server lab 10.1, disini saya akan melakukan proses konfigurasi rainloop dan juga akses email menggunakan aplikasi yaitu geary mail pada linux mint yang ada pada laptop saya, disini adalah proses MUA pada sebuah mail, dimana saya menggunakan sebuah perangkat lunak untuk melakukan surat menyurat antar user/akun, untuk itu kita langsung ketahap konfigurasi nya ya.

Berikut skema topologinya
berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan: 
1. Membutuhkan konfigurasi email sebelum lab ini yaitu lab 10.1 
2. Membutuhkan mesin pengolah web server seperti apache contohnya, dan sudah bisa mengakses sebuah konten php. 
3. Jika anda ingin mengikuti saya, domain www.aditiya.net contoh nya sudah saya pasang skema ssl, jadi bila mana mau mengikuti persin maka domain yang anda buat juga sudah terpasang sebuah skema ssl pada web server. 
4. Internet untuk melakukan proses pengunduhan rainloop, atau mengunduh aplikasi seperit geary atau pun thunderbird . 
5. DNS server / domain yang digunakan untuk web melakukan pemanggilan web

Konfigurasi Rainloop

1. Pertama kita unduh sebuah webmail pendukung penggunaan mail via browser yaitu bernama rainloop, untuk mengunduhnya kita bisa gunaka tools curl, dan tunggu sejenak hingga proses pengunduhan selesai dilaksanakan.

2. Setelah itu kita buat sebuah folder yang bernama rainloop, folder ini nantinya digunakan sebagai directory akses rainloop, disini saya tidak akan ubah namanya supaya dapat mempermudah proses pemanggilan, karena nama ini adalah nama familiar dan bersangkutan dengan rainloop jadi mudah di ingat.

3. Ok kita unzip rainloop.zip nya, lokasi unzip nya kita taruh pada file yang kita buat tadi.

4. Kita berikan beberapa permission kusus dan merubah type directory maupun file ke exec chmod.

5. Setelah itu kita rubah kempemilikan root nya menjadi hak apache.

6. Kita lakuakan perubahan konteks selinux pada direktori /var/www/html/rainloop dan juga yang didalamnya  agar dapat dijinkan diubah dan ditambahkan secara otomatis pada user mailserver nantinya.

7. Kita lakukan juga perubahan pada semanage nya.

8. (Optional), bila bebrapa akses port belum dibuka oleh firewall kita bisa menambahkan beberapa akses port untuk dibuka supaya dapat diakses nantinya.

9. Kita tambahkan selinux bolean auth supaya supaya modul-modul yang berhubung dapat diakses oleh client.

10. Setelah itu kita akses admin dari rainloop nya, untuk mengakses nya , www.namadomain.net/rainloop(nama directory)/?admin, berikut tampilan pertama dari rainloop.

11. Setelah itu kita lakukan login dengan user default rainloop yaitu admin dengan password 12345.

12. Sekarang kita lakukan proses perubahan password pada akun admin pada rainloop.

13. Masukkan password default 12345 dan masukkan juga password baru yang ingin dibuat, dan klik update password untuk melakukan update password.

14. Setelah itu kita masukkan sebuah domain atau alamat dari mail server kita.

15. Berikut urutan masukkan alamat domain atau server dari mailserver kita, masukkan alamat server imap dan smtp, scure option untuk saat ini jangan ditambahkan karena belum dibuat ssl nya, setelah itu ceklis option short login, dan setelah itu kita test terhadap domain kita pastikan status nya hijau ya, karena hal tersebut menandakan terhubunya domain dari mail server kita, setelah dipastikan sudah konek baru kita klik add.

16. Nah kita cek deh apakah domain tersebut telah terdaftar atau tidak, dan akhir nya yeay terdaftar permirsa.

Konfigurasi Geary mail

1. Ya berikut ss dari aplikasi geary mail, saya menggunakan client linux mint yang saya install dilaptop saya, saya sudah menggunakan aplikasi ini dari lama, karena tampilan nya lebih bagus dari pada thunder bird yang biasa dipake saat ini.

2. Setelah terbuka geary mail nya, kita masuk pada menu account seting (jika sudah ada mail sebelumnya), atau langsung melakukan proses login acount, nah untuk melakukan login user mail yang telah kita buat pada server, anda bisa lihat pada gambar dibawah ini, !! Sesuikan port imap atau smtp dan juga user beserta tujuan servernya ya.

3. Nah tanda akun anda sudap login menggunakan geary mail, nah yang atas itu adalah alamat gmail yang saya gunakan sebelum ini.

4. Nah akun winter@aditiya.net siap untuk digunakan ehehe.

Pengujian.

1.Sekarang kita lakukan proses pengujian dari masing jenis mua yang kita gunakan, apakah bisa kirim2 email nya? mari kita praktekan dan lihat bersama, untuk akses rainloop user mail, kita bisa akes domain webnya dengan di ikuti /rainloop(nama directory), setelah itu masukkan user dari mail nya.

2. Kita coba kirim pesan ke user yang satunya nya, yaitu winter@aditiya.net, dengan subject Dari Rain loop, dan menanyakan soal cuaca hehe, apakah masuk diwinter yang memakai geary mail

3. Alhamdulillah gan pesan nya dapat masuk ke mail winter ya .

4. Sekarang Kita gantian kita balas pesan dia hehe, berikut isi pesan nya.

5. Alhamdulillah pesan dari geary atas nama winter masuk rainloop dengan atas nama summer, ok mantap kan hehe.

Ok sekian dari saya semoga bermanfaat
Sekian dan terimakasih.