Kembali lagi dengan jempolan01, kali ini saya akan membuat sebuah postingan mengenai proses pemasangan database mysql pada centos, sebelum nya saya juga sudah membuat beberapa tutorial mengenai data base ini yaitu replication postgresql, instalasi maridb dan juga yang lain nya, mysql ini mirip dengan mariadb karena maridb ini mengambil source dari mysql ini, jadi tidak aneh bila mysql dengan maridb ini hampir serupa. 

Berikut skema topologinya.
1. Pertama kita lakukan instalasi paket centos-release-scl-rh dan centos-release-scl.

2. Untuk melakukan proses instalasi mysql saya mengunakan repo centos sclo, aktif repo nya lakukan proses instalasi mysql database.

3. Kita aktifkan bash dari mysql57 nya, perintahnya dapat dilihat dibawah ini.

4. Untuk mengecek versi dari paket mysql nya, kita dapat menggunakan perintah ini.

5. Masalah untuk mengetahu letak penempatan directory mysql, untuk mengetahui letaknya kita bisa gunakan perintah which mysql.

6.Membuat sebuah file yang berfungsi untuk mengeksekusi sebuah source directory pada mysql, untuk membuat nya, masuk pada mode editor dan akses directory berikut, setelah itu masukkan beberapa scrip yang tertera pada gambar dibawah ini.

7. Setelah itu buka file konfgurasi mysql nya, disini kita akan menambahkan sebuah jenis tampilan sebuah keyboard, yaitu tipe layout atau sebuah karakter utf 8, tampilan ini biasanya umum digunakan oleh kita.

8. Kita jalankan service database mysql, setelah itu kita enable service supaya service membuat seperti jalur simultan jadi jika service direstar, service tersebut akan hidup kembali secara otomatis.

9. Sekarang kita menuju tahap instalasi aman mysql, berikut tahapan proses nya.
Untuk pertama kali kita langsung saja tekan enter karena password mysql pertama kali belum dibuat, setelah itu baru kita buat password  (tekan Y) untuk setiap login dari mariadb/mysql, setelah itu kita hapus anonymouse user pada mariadb/mysql, setelah itu kita atur supaya mysql ini tidak dapat diremote pada perangkat lainya, selanjut itu menghapus proses konfigure test database, setelah itu reload privileges tables.

10. Untuk masuk pada database mysql gunakan perintah tesebut, setelah itu masukkan password root dari database tersebut,  Kita coba buat sebuah database baru disini dengan nama bebas, setelah itu cek apakah database tesebut sudah berhasil terbentuk.

11. Untuk keluar dari database mariadb/mysql bisa menggunakan \q maupun exit.