Sunday, 7 August 2016

Cara Membuat repository lokal Centos 7

ya kembali lagi dengan saya dengan sebuah postingan yang baru yaitu tentang mengenai centos ini dan insya allah nanti saya akan memposting juga tentang windows server,,, yang pada kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat repository lokal pada centos , nah mungkin anda bingun apa beda nya repository lokal dengan yang lain lain nya nah perbedaan lokal ini maksud nya repository nya dapat kita gunakan tanpa menggunakan internet dikarenakan repo nya ini, berada pada system kita atau di dalam os kita sendiri jadi kita tidak usah ngambil repo dari luar di karenakan kita sudah mempunyai repo lokal jadi hemat kouta inet kan.

!!!! saya harapkan membaca nya dari awal hingga akhir di karenakan ada pembahasan nya !!!!
hanya saran wkwkw

saya akan menunjukkan sebuah repo default ada: cetos-7-base, centos7-extras, centos-7-updates, nah repo ini status nya akan berubah sesuai dengan aktifitas update yang kita lakukan dan juga ketersedian repo dari luar nya , itu sebuah pembuktian saja bahwa di sana adalah repo default nanti di antara tulisan itu akan ada sebuah tulisan baru ( ya saya sebut gitu biar gampang di cerna=repo) yaitu sebuah repo yang lokal yang akan di tambahkan .


Pada tahap ini kita akan memounting iso centos 7
supaya kita dapat membaca isi iso nya di centos, ketikan perintah mount /dev/cdrom/mnt/ !!! ingat
sebelum kita memounting nya kita masukkan dulu iso, pada virtual box caranya mudah dengan cara
cara nya seperti itu klik gambar cd pilih iso nya nah selesai dah iso nya masukk dah,, setelah itu baru jalankan perintahnya ya ingat jangan kebalik jika kebalik perintah ini tidak akan bekerja kenapa di karenakan apa yang mau di mouting kalo engga ada iso/cd nya wkwkw.


Nah setelah anda/saya berhasil memaunting nya kita akan langsung masuk ke sebuah directory
kita menuju sebuah directory yang bernama Packages yang berada pada mnt
ketikan ini, lebih falid nya anda bisa menggunakan fungsi tab supaya lebih cepat



Instalasi packet createrepo 

untuk melakukan instlasi packet createrepo ini kita membutuhkan packet-packet lain nya, ada tiga yaitu:
rpm -ivh libxml12-python-2.9.1-5.el7.x86_64.rpm
rpm -ivh deltarpm-3.6-3.el7.x86_64.rpm
rpm -ivh python-deltarpm-3.6-3.el7.x86_64.rpm
rpm -ivh createrepo-0.9.9-23.el7 .noarch.rpm (instalasi packet ini setelah 3 packet sebelum nya sudah terinstal)
penjelasan :
rpm : adalah sebuah ektensi penginstalan pada suatu sistem operasi, di ibarat kan seperti deb untuk debian, ex untuk windows.
ivh : ini untuk menampilkan status pada saat kita melaksanakan perintah ini makanya ada tulisan 100% di sana dan ada juga di bawah nya itu seperti sebuah notih yang menandakan proses berhasil 100%.
libxml12-python-2.9.1-5.el7 .x86_64: ini adalah identitas dari packet itu atau saya ganti pengertian supaya gampang, ini nama file nya gitu yang mau di install, gitu aja secara singkat nya kan gampang aja.
Nah itu adalah penjelasan nya nah setelah menginstal ya kita sebuah itu atau kita sebut sudah kita eksekusi dan lancar notif 100% persen semua yang menandakan berhasil nya: 
setelah anda melakukan 4 packet tersebut, kita akan melanjutkan ke tahap selanjutnya 

Sekarang kita buat nih foldernya, nantinya folder ini akan digunakan untuk menyimpan repo lokal
setelah membuat folder repo nya, kita cek apakah folder repo nya sudah terbentuk, di karenakan saya membuat folder repo nya disebuah directory root, nah kita harus berpindah dari directory /mnt/Packages ke directory root(/) dengan perintah cd /
setelah masuk ke directory root, coba anda cek apakah di sana sudah terbentuk folder repo, dengan perintah ls pastikan file nya ada ya bila ada kita lanjut ke tahap selanjutnya.


Teman teman bisa lihat di sini semua ada tulisan merah, nah itu adalah isi dari folder mnt/Packages, semua packet yang ada ini, akan di copy atau di salin ke folder repo yang nanti nya akan di gunakan untuk menyimpan repo lokal.
untuk mengcopy nya kita ketikan perintah ini.
perintah ini maksud nya untuk memerintahkan supaya file yang ada mnt/Packages ini di salin atau di copy ke sebuah directory repo.
ini akan memakan waktu yang cukup lama sekitar 8 menit pake hdd dan 3 menit pake ssd tunggu saja ya sampai proses nya selesai jangan di abort proses nya.


Nah setelah berhasil di copy, kita akan mengedit sekaligus membuat identitas reponya, supaya kita dapat dengan mudah mengecek repo lokal nya berhasil/tidak di buat atau sekedar memberi namanya supaya dapat mengenali nya dengan mudah. 

Nah sudah masuk pada vi nya kita akan mengedit isi nya untuk memberi identitas repo lokal nya ,, sebetulnya untuk pengeditan nya ini bisa memakai nano,gedit dan juga vi cuma di karenakan adanya cuma vi saya jadi saya gunaakan vi aja ya wwkwk,,, 
saya akan memberikan penjelasan sedikit sekaligus apa yang di isi nanti seterah pada anda mau ngikutin sesuai dengan ss atau mau langsung eksplore ya
[localrepo] : ini sebagai id repo nya anda bisa ganti sesuai dengan yang anda ingin kan contoh ss nya yang beda
beda kan id nya cuma untuk pertama kali saya saran kan ikutin aja dulu nah abis itu ganti ganti dah sesuai dengan yang anda inginkan.
baseurl: ini adalah di mana folder yang nanti nya di tentukan untuk menyimpan atau menjadi destinasi pemanggilan nya dari mana nanti. 
gpgcheck : belum begitu paham jadi lain waktu saya akan update apa maksudnya.
enabled : ini berfungsi untuk menghidupkan atau mengatifkan repo nya bial satu artinya di hidupkan bila 0 tandanya tidak di hidukan. 

Setelah di buat indentitas selanjutnya kita akan melakukan pengelompokkan/pembuatan suatu directory
createrepo ini akan membuat repo lokal nya dan menaruh nya di folder repo penjelasan singkat nya kira-kira seperti itu.


Nah di situ teman-teman bisa melihat banyak packet yang di baca nah pada saat ini lah proses pembentukan repo lokal nya, agak sebentar sekitar 1 menit lah waktu yang di perlukan untuk pembuatan repo nya atau juga bisa dibilang proses building repo.

Setelah menunggu nya bila ada notif sqlite DBs complete, berarti proses nya sudah selesai, tetapi ingat ini tidak menjamin apakah nanti akan berhasil ya, jadi saran saya ikutin dulu ya semua tutorial nya sesuai SS dan juga urutannya dan pastikan falid.


Ok setelah proses yang tadi selelesai coba kita lihat apakah repo yang kita buat sudah ada atau sudah di bentuk anda bisa melihatnya atau mengecek nya dengan perintah yum repolist


Belum selesai sampai disini supaya repo lokal nya kita bisa gunakan dan dapat menginstall packet tanpa menggunakan repo dari luar yang harus kita unduh dengan kouta yang tinggal dikit ini, kita perlu suatu perintah perintah lagi, sedikit kok tenang aja jangan takut .


kita masuk ke sebuah directory yum.repos.d di etc kita perlu sebuah perintah cd /etc/yum.repos.d/
nah setelah anda masuk ke direktory nya kita akan melakukan 3 tahap perintah yang harus di lakukan
yaitu merubah :
CentOS-Base.repo  -------> menjadi -------> CentOS-Base.repo.backup
CentOS-Debuginfo.repo -------> menjadi -------> CentOS-Debuginfo.repo.backup
CentOS-Sources.repo --------> menjadi -------> CentOS-Sources.backup
buat apa di ubah? supaya repo yang ada diatas itu tidak aktif, jadi entar kalo di cek menggunakan yum repolist ini jadi cuma ada repo lokal yang kita buat sebelum nya jadi repo yang sebelumnya itu jadi tidak ada atau tidak terlihat karna di tambahkan ekstensi .backup nya
perintah """ mv """ ini untuk merubah contoh : CentOS-Base.repo  -------> menjadi -------> CentOS-Base.repo.backup 
penjelasan singkat nya seperti itu ya jadi jangan bingung di analogikan aja biar gampang dan mudah di mengerti.


 setelah di buat kita clear cache nya terutama yum cache nya dengan perintah


setelah di bersihkan cache nya kita update supaya perubahan yang kita buat pada saat konfigurasi nanti nya akan dapat di implement tasikan dan di aktifkan nah dengan perintah ini
 anda dapat melakukkan update nya cuma bukan update pake inet ini cuma update kofigure yang sudah di lakukan tadi biar ngefek gitu .

ok setelah kita update dan clear cache, nah kita lihat di yum repolist, nah nanti repo yang terdeteksi hanya repo lokal yang kita buat tadi .

setelah kita buat sayta membuat pembuktian apakah sebuah repo yang kita buat tadi ini dapat bekerja dengan baik sebagai contoh saya akan/ ingin menginstall nano tanpa inet sedikit pun dan sumber nya dari repo lokal kita yang kita buat

nah di sana yang saya lingkarkan adalah bukti bahwa ini berhasil paket aplikasi yang di dapat kan bersumber dari repo lokal ini bisa di lihat repository nya ini di dapat dari ID localrepo yang kita buat tadi juga tidak ada proses download sama sekali kenapa saya bilang begitu di karna kan setelah saya tekan Y untuk setuju mengintall tidak ada proses download dan langsung install jadi hemat 440 KB kan wkwkw lumayan kan hehehehe.

saya juga ada contoh yang pake repo default centos nya supaya menyakinkan

ya itu segelintir ss yang saya berikan, bila anda menginstall nano menggunakan internet atau pake repo intenasional/repo default nya, agak cukup banyak kan tahap nya ada proses download dan ada perijinan penginstalan, lebih dari satu dan juga menggunakan kouta internet yang dapat mengurai kouta inet anda kan.


sekian dari saya dari penulis mohon maaf bila ada salah dalam penulisan postingan pada kali ini 
sekali lagi saya mohon maaf

terimakasih bagi anda yang sudah berkunjung ke blog saya untuk sekedar melihat lihat atau mempelajari tutorial nya 
terimakasih .

Related Posts

Cara Membuat repository lokal Centos 7
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
Anonymous
2 November 2016 at 01:11

cara update file-list yg ada di repo lokal yg sudah kita buat gmana?
jadi repo lokal yg kita buat isinya juga tetap uptodate (*baca;apchudet) dari repo yg ada di inernet.

Reply
avatar
11 November 2016 at 17:47

tutorial yang saya buat kali ini belum sampai update nya gan, jadi kita hanya membuat repo bawaan yang ada di sebuah iso centos supaya dadat terbaca dan di gunakan pada centos yang kita pakai, untuk tutorial seperti itu mungkin nanti saya akan update lagi di lain waktu. seiring dengan berkembangnya ilmu yang saya dapatkan.

Reply