ya kembali lagi dengan saya dengan tutorial atau postingan yang baru hehe kali ini saya akan memposting tentang bagaimana cara menginstal system operasi berbasis linux yaitu CENTOS , sebelum menginstal nya saya akan bahas sedikit tetang centos ini ,,, centos ini adalah sebuah sistem operasi berbasis linux yang di buat oleh dasar source red hat dan juga sistem operasi bersekala enterprise, centos ini sangat cocok di gunakan untuk pemakaian biasa maupun untuk server, tetapi pada biasanya os ini di gunakan untuk server dari pada yang umum nya . nah setelah  mengenal centos secara singkat langsung saja kita ke tahap tata cara menginstal nya .

nah ini adalah tampilan pertama atau tampilan has dari sistem operasi centos pada tahap pertama penginstalan kita akan memillih bahasa yang nantinya akan di gunakan saya saran kan anda menggunakan bahasa inggris, kenapa bahasa inggris? di karenakan bila anda memilih bahasa indonesia saja terjemahan nya tidak terlalu jelas dan juga masih kaku bahasanya nah itu alasanya ,,, ingat itu hanya saran saja saya tidak akan memaksa anda memakai bahasa inggris sebagai bahasa pada os yang anda gunakan nati nya ,,, langsung saja ke tahap selanjutnya.

nah setelah kita selesaikan tahap pertama penginstalan nanti anda akan di bawa pada tahap, apa saja yang anda harus siapkan untuk penginstalan system operasi anda, ada penentuan source hdd ada bahasa, tanggal waktu dll.
saya beri contoh pertama kali saya akan menyeting tanggal dan waktu/ date and time .

nah pada tahap sebelum nya saya memilih pengaturan date and time nah ini adalah tampilan pengaturan nya anda dapat memilih waktu, tanggal ,benua sampai dengan negara mana anda tinggal setelah di rasa pengaturan tersebut sudah sesuai klik done.

nah pada INSTALLATION DESTINATION anda akan di tampilkan ke pengaturan pemilihan source hdd/ssd yang anda miliki contoh saya memakai vbox nah pengaturan partisi ini  bisa di buat secara otomatis dan juga pengaturan secara manual, saya menyarankan menual kenapa ? di karenakan bila kita mengatur manual anda akan bisa menghindari lost nya data yang berada pada hdd/ssd itu dan juga anda dapat bebas membagi partisi secara leluasa yang paling penting nya anda mendapat kan ilmu tambahan tentang bagaimana membuat partisi pada linux, 
bila anda memilih automaticaly configure partitioning itu berarti anda memilih konfigurasi partisi secara otomatis.
bila anda memilih i will configure partitioning itu berbararti anda memilih mengkonfigurasi sebuah partisi secara manual.
sebagai contoh saya akan memilih i will configure partitioning untuk membuat partisi secara manual, jika di rasa setingan nya sudah benar anda bisa mengklik done .

nah ini adalah tahap pembagian partisi nya, pada tahap awal kita akan membuat sebuah partisi standar yang berisikan partisi root dan juga swap .
nah sekarang masuk pada tahap pembuatan partisi root,, root ini di ibaratkan sebagai data c pada windows yang biasa anda gunakan, hampir semua data aplikasi nantinya secara default akan di simpan disini diroot partision termasuk juga os centos nya dan juga pembuatan swap memory sebetulnya pembentukan partisi pada linux itu banyak tetapi pada saat ini saya akan memberikan contoh 2 partisi yang penting pada linux  .
(root)
cara nya dengan mengklik tanda +
mount point nya tanda /
dan capacity nya di sesuaikan contoh saya menggunakan 12 gb plus minus.
file system ext4
nah setelah dikira sudah benar dan juga sudah sesuai klik mount point.
(swap)
cara nya dengan mengkilik tanda +
mount point nya" swap"
dan juga capacity nya biasanya dua kali lipat nya ram yang anda gunakan 
file system nya swap
nah setelah dikira sudah benar dan juga sudah sesuai klik mount point. 

nah pastikan sesuai dengan sebagai mestinya saya saran kan lakukan pengecekan lagi pada tahap partisi ini dari mulai jenis file system nya dan juga yang lain nya ,, kenapa saya saran kan kepada anda di karenakan bila anda salah menyeting partisi saja ini bisa bersiko saya tidak bisa jelaskan satu di karenakan resiko nya tergantung kepada simulasi pemakaian yang anda gunakan natinya.

nah setelah anda sudah benar yakin dan sudah hafal bahwa partisi itu sudah benar sebagai mana mestinya anda bisa mengklik done dan setelah itu accept change .

masuk ketahap software selection pada tahap ini adalah tahap dimana anda akan memilih manakah yang anda install di centos ini apakh memakai tampilan gui kah atau yang lain nya itu bisa anda atur disini ,,, saya beri contoh di karenakan saya akan di buat menjadi bahan pembelajaran saya tentang server jadi saya pilih minimal server dan klik done, pastikan anda sudah sesuaikan dengan kebutuhan anda ya.

nah setelah semua nya sudah siap langsung klik begin installation
mungkin anda yang memperhatikan postingan ini dari awal anda pasti akan merasa bahwa network and hostname tidak di seting ? di karenakan nanti pada saat os ini di kofigurasi itu dapat di setting dan juga dapat di sesuikan dengan keadaan pada saat os sudah di install. 

nah pada tahap kali ini adalah tahap yang duble juga fungsi nya di satu sisi proses penginstalan,di sisi lain nya pengaturan root pasword, user creation

nah sembari penungguan instalasi os kita buat pasword root nya pasword ini bisa anda sesuaikan dengan keinginan anda.

nah pada tahap create user ini adalah tahapan pembuatan akun user yang ada di centos nya beserta juga pasword akun tersebut jadi untuk di centos ini pasword root/su dan juga akun user nya dapat di pisah .

nah setelah di rasa semua nya sudah selesai kita tinggal menuggu proses instalasi selesai .

setelah proses instlasi sudah selesai anda akan di perintahkan untuk me restart ulang pc atau vbox nya, klik reboot untuk me restart system anda.

 
nah setelah anda reboot hasil nya akan seperti ini bila anda memilih opsi minimal instal kalau anda menginstal opsinya anda akan di bawa pada tampilan gnome has dari centos .

ya sekian dari saya mohon maaf bila ada kesalahan pada saat pengetikan postingan ini 
saya saran kan anda membaca tahapan tahapan nya secara berurutan di karenakan semua itu ada kaitan nya ehehe cuma saya tidak akan memaksa bila anda ingin sekedar mengunjungi postinga saya ini monggo tidak apa apa juga silahkan 

terimakasih bagi anda yang sudah mau berkunjung di blog saya ini.
terimakasih